Print this page

Perkuat Jabatan Fungsional, AAKI Gelar Seminar Nasional dan Pengukuhan Pengurus Pusat 2019-2022

Rate this item
(0 votes)

Jakarta - Jabatan fungsional harus terus diperkuat untuk meningkatkan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo untuk melakukan penyederhanaan birokrasi dengan mengalihkan jabatan struktural menjadi fungsional. Hal tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo pada Seminar Nasional dan Pengukuhan Pengurus Pusat Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI) di Holding Room, Kantor Kementerian PAN dan RB, Jakarta Selatan, Rabu (4/3).

Menteri PANRB menambahkan bahwa penyederhanaan birokrasi bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kecepatan pelayanan kepada masyarakat.
"Penyederhanaan birokrasi mempunyai beberapa tujuan, yaitu agar birokrasi lebih dinamis, fokus pada aspek fungsional, untuk mendorong efektivitas dan efisiensi kterwujudnya percepayan sistem kerja, agar fokus pada pekerjaan fungsional, dan mendorong efektivitas dan efisiensi kinerja agar lebih optimal, dan juga sebagai upaya mewujudkan profesionalitas ASN.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si., hadir untuk mengukuhkan dan juga memberikan arahan kepada Pengurus AAKI Tahun 2019-2022. Kepala LAN mengajak AAKI untuk berani membuat suatu terobosan karya, yang kemudian membuat para user merasa bahwa kehadiran asosiasi ini menjadi penting dan dibutuhkan.

"AAKI kita harapkan bisa tumbuh menjadi Asosiasi Profesi ASN yang independen dan kuat. Banyak sekali pekerjaan rumah dan agenda untuk membenahi kebijakan publik Indonesia. Adi Suryanto mengingatkan bahwa kualitas sebuah bangsa akan ditentukan oleh kualitas kebijakan publiknya. Kita bersama-sama bergandengan tangan: AAKI, LAN, kawan-kawan di sektor privat, dan arahan Bapak Menteri PANRB tentunya, sehingga kita bisa menghasilkan suatu karya yang besar bagi kemajuan bangsa juga negara", tutup Adi Suryanto.

Setelah acara pengukuhan, dilakukan Penandatangan Kerjasama antara AAKI dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan The Habibie Center. Kemudian acara dilanjutkan dengan seminar yang menghadirkan narasumber: Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo, MA, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag.rer.publ, Anggota DPR RI. Fraksi Partai Golkar/Dewan Penasehat AAKI drs. Agun Gunanjar Sudarsa, M.Si, KADIN/Dewan Penasehat AAKI, Vince Gowan dengan Moderator Drs. Haris Faozan, M.Si., (Analis Kebijakan Ahli Utama LAN).

Acara ini juga turut dihadiri oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Prof. Dr Agus Pramusinto, MDA, Ketua Umum AAKI, Dr. Totok Hari Wibowo dan pengurus Pusat AAKI dan Pejabat Fungsional Analis Kebijakan. (humas)