Pandemi Virus Corona, LAN Terapkan Pelatihan CAK Model Baru

Jakarta- Ditengah merebaknya pandemic Covid-19, Lembaga Administrasi Negara (LAN) menerapkan pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh atau Distance Learning, selain bertujuan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus korona, metode ini dapat menjadi terobosan baru dalam upaya meningkatkan pengembangan kapasitas aparatur sipil Negara (ASN) di Negara ini. Hal tersebut disampaikan Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si saat membuka Pelatihan Calon Analisis Kebijakan Angkatan XII melalui fasilitas Zoom Meeting yang diikuti oleh 30 peserta, Senin (30/3).

“Memasuki masa krusial saat ini, ASN jangan tidak berkinerja dan berhenti memberikan pelayanan pada masyarakat, sebaliknya ini menjadi tantangan kita untuk mencari terobosan serta inovasi baru dibidang administrasi publik”

Kepala LAN menambahkan saat ini LAN telah menyiapkan portal web asn-unggul.lan.go.id sebagai Knowledge Management System. Portal tersebut akan digunakan dalam diklat dan juga aplikasi zoom meeting untuk berinteraksi dengan penceramah atau fasilitator”

“WFH atau Work From Home jangan menjadi penghalang dalam menciptakan birokrasi yang professional”, tegasnya Kondisi saat ini menjadi pembuktian bahwa birokrasi kita tetap mampu memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat, hal ini sejalan dengan tuntutan birokrasi berkelas dunia yang harus yang adaptive dan agile dalam menjawab tantangan di masa yang akan datang

“Demikian halnya bagi seorang analis kebijakan, ia dituntut untuk mampu menjawab masalah dan isu-isu actual di tengah masyarakat” ungkapnya
Lebih lanjut Kepala LAN menjelaskan formulasi kebijakan tidak berlaku di ruang hampa. Banyak aktor yang terlibat di dalamnya baik pemerintah maupun non pemerintah. Untuk itu, komunikasi memegang peranan yang signifikan dalam konstruksi kebijakan publik.

“Kecakapan analisis tidaklah cukup tanpa didukung dengan kemampuan berkomunikasi dan politis. melalui diklat CAK ini, diharapkan dapat mempersiapkan , membentuk dan meningkatkan kompetensi calon analis kebijakan dalam melaksanakan kajian dan analisis kebijakan secara professional. Saya sangat optimis, bahwa distance learning bukanlah suatu hambatan Saudara sekalian dalam pengembangan kompetensi yang saudara miliki” tutup Kepala LAN.