LAN TERIMA ANUGERAH BADAN PUBLIK DENGAN KUALIFIKASI “MENUJU INFORMATIF”

Jakarta - Lembaga Administrasi Negara (LAN) menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2019 dengan kualifikasi Menuju Informatif. Penghargaan diserahkan oleh Ketua Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) Gede Narayana kepada Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si dan disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof Dr KH Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jl. Medan Merdeka Selatan Jakarta, Kamis (21/11).


LAN mendapat kualifikasi “Menuju Informatif” berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh KI Pusat. Dalam laporannya, Gede Narayana menyampaikan bahwa pada Tahun 2019, KI Pusat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap 355 (tigaratus limapuluh lima) badan publik di Indonesia. Berdasarkan monev tersebut, diketahui bahwa sebanyak 53,24% badan publik masih dalam kualifikasi “Tidak Informatif”. Hal ini tentu saja menimbulkan keprihatinan, mengingat di era keterbukaan ini, informasi menjadi energi yang mampu mengakselerasi proses pencerdasan bangsa dan menorehkan berbagai perubahan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Oleh karena itu, negara harus hadir dengan semangat keterbukaan dan akuntabilitas yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan dukungan dari masyarakat.


Monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik ini dilakukan melalui verifikasi dan penilaian terhadap beberapa indikator, yaitu pengelolaan website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dengan bobot nilai 30 persen, pengisian kuesioner yang disertai dengan data dukung dengan bobot sebesar 40 persen dan penilaian presentasi sebesar 30 persen.


Pada kesempatan tersebut Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof Dr KH Ma'ruf Amin mengucapkan selamat kepada seluruh penerima anugerah. Menurut Wapres semua lapisan masyarakat harus tahu betapa pentingnya arti informasi. Hak mendapatkan informasi publik dijamin oleh undang-undang sehingga memberikan informasi merupakan kewajiban badan publik. Untuk selanjutnya tantangan ke depan adalah bagaimana badan publik meningkatkan kualitas konten informasi dan meningkatkan literasi masyarakat. (humas)

Last modified on Senin, 16 Desember 2019 22:44