LAN Siap Dorong Inovasi di Kabupaten Anambas

Jakarta - Pemerintah terus mendorong inovasi sebagai program prioritas secara nasional. Hal ini diharapkan dapat menginisiasi lahirnya ide dan gagasan dalam tata kelola pemerintah daerah. Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Tri Widodo W.U, SH, MA, saat menerima kunjungan Studi Birokrasi dan Benchmarking Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Anambas, bertempat di Ruang Kelas AB, Gedung A LAN Veteran, Jakarta Pusat, (27/1).

“Inovasi adalah keniscayaan. Oleh karenanya daerah diharapkan dapat memacu kinerjanya melalui inovasi-inovasi yang dihasilkan. Melalui benchmark hari ini diharapkan dapat menjadi awal berkembangnya inovasi yang dapat nantinya ditindaklanjuti secara nyata di Kabupaten Anambas." ungkap Tri Widodo.

Keberhasilan sebuah inovasi tidak hanya ditentukan oleh faktor bagaimana proses menciptakan inovasi tersebut, tetapi juga ditentukan oleh faktor kepemimpinan daerah tersebut.

“Kepemimpinan di sini tidak hanya unsur kepala daerah yang dalam hal ini Bupati atau Sekretaris daerah, namun seluruh elemen kepemimpinan, baik dari pucuk pimpinan tertinggi sampai kepada pejabat eselon paling bawah” tambah Tri Widodo.

Tri Widodo juga memberikan saran atau kiat-kiat dalam upaya peningkatan inovasi pelayanan publik khususnya di Kabupaten Anambas, di antaranya fokus pada tujuan dan hasil, kolaborasi antar OPD untuk menyelesaikan masalah bersama, branding sebagai strategi promosi (komoditas, destinasi, program), dan beberapa kiat lainnya.

Sementara itu Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra menyampaikan bahwa inovasi merupakan perkembangan zaman yang tidak bisa dihindarkan tak terkecuali untuk Kabupaten Anambas.

“Kami membutuhkan bimbingan dari LAN, untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam rangka menghadirkan pelayanan publik yang tepat dan cepat kepada masyarakat di Anambas” tutup Wan Zuhendar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara Dra. Isti Heriani, MBA, Sekretaris Daerah Kabupaten Anambas Sahtiar, SH, MH, dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD): Balitbangpeda, Dinas Pariwisata, PTSP, Disperindagkop, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Sekretaris Dinas Kesehatan, dan Diskominfo Kabupaten Anambas.