LAN SELENGGARAKAN KONGRES IKATAN WIDYAISWARA INDONESIA TAHUN 2019

Jakarta - Lembaga Administrasi Negara (LAN) bekerja sama dengan Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) menggelar Kongres Ikatan Widyaiswara Indonesia Tahun 2019. Kegiatan ini diharapkan bisa dijadikan ajang silaturahmi untuk mempererat kerjasama dan persaudaraan bagi para Widyaiswara yang berasal dari berbagai kementerian dan lembaga, serta dari berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si saat membuka rangkaian Acara Kongres Nasional Ikatan Widyaiswara Indonesia Tahun 2019 dan Seminar Nasional Tahun 2019, di Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN, Jl. Veteran No. 10 Jakarta Pusat, Selasa (10/12).

“Harapan kami agar Kongres hari ini akan membuahkan kepengurusan dan program kerja yang aspiratif dan transformatif.” ujar Adi Suryanto.

Kepala LAN juga menambahkan bahwa LAN berusaha menjadi instansi pembina pertama yang meningkatkan dan mempererat kerjasama yang lebih baik dengan organisasi-organisasi profesi yang dibinanya, sesuai dengan amanah PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang mengatur mengenai dukungan dan kerja sama antara instansi pembina dengan organisasi profesi yang dibinanya.

“Ke depan, IWI mempunyai peran strategis dalam mendukung peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM untuk mewujudkan Indonesia Maju. Untuk itu LAN berkomitmen untuk terus bekerjasama dan menjadikan organisasi-organisasi profesi yang dibina LAN menjadi mitra setara dalam pengambilan keputusan-keputusan seperti dalam hal standar kompetensi profesi, uji kompetensi, sertifikasi profesi, advokasi, dan pengembangan profesi,” ungkap Kepala LAN.

Pada kesempatan tersebut Kepala LAN juga melantik Pengurus Pusat IWI Periode 2019-2023 yang terpilih dari hasil kongres. Widyaiswara Ahli Utama Kementerian Keuangan Dr. Boediarso Teguh Widodo, M.E terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat IWI Periode 2019-2023. Selain juga juga terpilih Wakil Ketua I Endan Suwandana, ST., M.Sc., Ph.D, Wakil Ketua II Dr.H. Bambang Sugiyono,SE.,M.Si, Wakil Ketua III Ir. Muhammad Maliki Moersid, MCP dan juga Wakil Ketua IV, Jamaluddin Al Afgani, S.Pd., MP.

Sementara itu Ketua Umum IWI Periode 2019-2023 Dr. Boediarso Teguh Widodo, M.E menegaskan di bawah kepemimpinannya DPP IWI akan mengembangkan kepemimpinan yang kolektif dalam pengambilan keputusan dan harus melalui jalan mufakat juga menjunjung tinggi keterbukaan melalui media online maupun offline.

“Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga terutama terkait dengan mekanisme pemilihan pengurus berdasarkan hasil kongres akan kami junjung tinggi. Program kerja terkait kesejahteraan ASN, khususnya kesejahteraan widyaswara juga pasti akan kami jalankan dengan sungguh-sungguh” tambahnya.

Selain menghasilkan kepengurusan baru, Kongres IWI Tahun 2019 juga menghasilkan beberapa rekomendasi seperti LAN dan IWI mendorong secara bersama-sama untuk segera mengeluarkan peraturan LAN mengenai organisasi widyaiswara, menetapkan hari widyaiswara nasional, mengajukan revisi terhadap batas usia pensiun widyaiswara, dan bersama-sama meningkatkan kesejahteraan widyaiswara. (humas)

Last modified on Rabu, 11 Desember 2019 14:38