LAN RI Raih Penghargaan ANRI Award 2019

Pada awal tahun 2019 ini, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia kembali menorehkan prestasi dengan meraih ANRI Award 2019 sebagai Juara Harapan III Kategori Unit Kearsipan Terbaik LN dan LPNK. Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ini diterima langsung Kepala LAN RI Dr. Adi Suryantio, M.Si pada acara Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2019 dan Penyerahan ANRI Award dalam rangka Hari Kearsipan Nasional Ke-48 di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (25/4).

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Drs. Syafruddin, M.Si didampingi Kepala ANRI Drs. Mustari Irawan. Dalam sambutannya Menpan RB mengatakan bahwa tata kelola kearsipan berbasis elektronik menjadi salah satu indikator penilaian keberhasilan pelaksanaan program SAKIP dan RB. Melalui penggunaan teknologi dalam sistem kearsipan diharapkan akan dapat menghadirkan data arsip yang terintegrasi, dinamis, dan melindungi kepentingan negara.

Proses pemilihan Unit Kearsipan Terbaik Nasional Tahun 2019 ini diikuti oleh 50 Lembaga Non Kementerian. Setelah mengikuti tahapan seleksi administrasi, Lembaga Administrasi Negara lolos bersama 15 Lembaga lain ke tahap penilaian lapangan.

Tahap penilaian lapangan dilakukan untuk melihat bagaimana pengelolaan arsip aktif: pemberkasan, penggunaan sarana penataan, penggunaan kode klasifikasi dan indeks, uji penemuan kembali arsip, dan verifikasi ke Record Centre.

Tim penilai dari ANRI yang diketuai oleh Supranti, S.AP (Arsiparis Madya) melakukan visitasi penilaian dan uji penemuan kembali arsip ke beberapa unit kerja, yaitu: Pusat Kajian Manajemen Aparatur Sipil Negara, Pusat Pembinaan Analis Kebijakan, Bagian Arsip dan Dokumentasi, Bagian Humas dan Protokol serta STIA LAN Jakarta.

Setelah melalui tahap penilaian lapangan, selanjutnya terpilih 6 nominasi, yang kemudian diharuskan melakukan presentasi terkait pengelolaan kearsipan pada lembaga masing-masing. Mewakili LAN dalam presentasi ini adalah Dra. Reni Suzana, MPPM selaku plt Kepala Biro Hukum dan Humas. Beberapa materi yang disampaikan antara lain kebijakan kearsipan, kebijakan sarana dan prasarana, kelembagaan kearsipan, SDM kearsipan, kegiatan/program kearsipan, dukungan anggaran dan inovasi tentang kearsipan.

Secara lengkap, pemenang lomba ANRI Award dalam kategori Lembaga Negara/Lembaga Pemerintah Non Kementerian adalah sebagai berikut: Juara I diraih oleh Mahkamah Konstitusi, Juara 2 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Juara 3 BPJS Ketenagakerjaan, Juara Harapan 1 BPJS Kesehatan, Juara Harapan II Badan Tenaga Nuklir Nasional dan Juara Harapan III Lembaga Administrasi Negara. (humas)

Last modified on Kamis, 09 Mei 2019 18:29