LAN Dukung Kabupaten Seluma Selenggarakan Ajang Kompetisi Inovasi Masa Pandemi Covid-19

Jakarta - Guncangan dampak pandemi Covid-19 dirasakan oleh seluruh jajaran pemerintahan, dimana akses pelayanan publik dihadapkan pada tantangan untuk tetap terjaganya kualitas layanan publik yang prima, namun di sisi lain juga tetap harus memperhatikan aspek keselamatan penyedia dan pengguna layanan melalui penerapan social distancing dan physical distancing. Memasuki fase tatanan normal baru (new normal), pemerintah harus mempersiapkan sejumlah langkah strategis agar pelayanan masyarakat tidak terganggu, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si pada kegiatan Pembukaan Program Prioritas Nasional Laboratorium Inovasi Kabupaten Seluma melalui fasilitas video conference, Senin (8/6).

“Dengan segala tantangan yang kita hadapi saat ini, kita harus bekerjasama secara optimal karena bukan tidak mungkin ide-ide inovasi pelayanan publik justru akan muncul. Oleh karena itu kita harus terus produktif menciptakan inovasi-inovasi baru” ungkap Adi Suryanto.

Adi Suryanto juga menyampaikan bahwa ASN Kabupaten Seluma memiliki semangat inovasi yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan masuknya Kabupaten Seluma dalam kategori TOP 99 Inovasi Government Award Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2019 lalu.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa dukungan pimpinan tertinggi dalam hal ini Bupati yang terus mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus menciptakan inovasi baru di bidang pelayanan publik” tambah Adi.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Seluma, H. Bundra Jaya, SH, MH menyampaikan apresiasinya kepada LAN yang terus menfasilitasi laboratorium inovasi kepada Kabupaten Seluma.

“Saat ini Kabupaten Seluma juga tengah menyelenggarakan kompetisi inovasi tatanan normal baru yang lebih produktif dan aman terhadap Covid-19, hal ini dilakukan untuk mendorong kreatifitas dan ide-ide inovasi baru di tengah pandemic covid-19 ini” ungkapnya.

Bundra Jaya juga mengharapkan dukungan penuh LAN dalam upaya memberikan audiensi untuk menumbuhkan bibit-bibit baru inovasi, dan kelak Kabupaten Seluma dapat menjadi lahan inovasi dan menjadi rujukan bagi kabupaten /kota lainnya.

Acara yang berlangsung secara virtual ini, diikuti oleh Sekretaris Daerah, Asisten Bupati dan seluruh OPD Kabupaten Seluma. Kegiatan pembukaan juga diisi dengan pemberian materi bertajuk “Membangun Komitmen Bersama dalam Berinovasi di Kabupaten Seluma” oleh Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo, MA (humas)