Kepala LAN Paparkan Tantangan dan Kebijakan Pencapaian SDGs di Konferensi IASIA

LISBON - Kepala LAN Dr.Adi Suryanto, M.Si menghadiri undangan konferensi dari International Association of Schools and Institute of Administration (IASIA) untuk menjadi pembicara dalam plenary session yg mengusung tema "Public Administration's Missions and Goals for the achievement of the SDGs". Pada kesempatan tersebut Kepala LAN menyampaikan paparannya yang bertajuk "Enhancing Public Administration Capacity to Achieve Sustainable Development Goals". Tantangan dan kebijakan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia serta bagaimana administrasi negara dapat berperan dengan mendorong partisipasi stakeholders diulas dalam pemaparannya. Disampaikan pula bahwa LAN terus mendorong peningkatan kapasitas pemimpin birokrasi dalam menjalankan kebijakan publik agar lebih inklusif dalam pengambilan keputusan, penguatan kapasitas inovasi dan pengelolaan kebijakan publik, sehingga sasaran SDGs dapat terwujud.

Acara ini merupakan rangkaian dari IASIA Conference 2019 yang mengusung tema "Public Administration's Missions and Goals for the Achievement of the SDGs". Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 21-26 Juli 2019, di Lisbon, Portugal. Konferensi ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai negara, khususnya mewakili organisasi yang bergerak dalam area pendidikan dan pelatihan di bidang administrasi negara. IASIA merupakan asosiasi internasional sekolah dan institusi dalam bidang administrasi.

Pada kesempatan sebelumnya Kepala LAN menyampaikan paparan dalam Working Group I "Education and Training Program : Aligning Missions and Quality". Pada kesempatan tersebut dipaparkan tentang upaya LAN meningkatkan kontribusi pelatihan kepemimpinan terhadap tujuan pembangunan dengan melakukan reformasi pelatihan yang menekankan pada action learning yang menghasilkan perubahan atau inovasi sebagai hasil pembelajaran. Inisiatif yang telah diterapkan oleh LAN sejak 2014 dan penyempurnaan yang dilaksanakan pada tahun 2018-2019 ini mendapat perhatian dari berbagai lembaga pelatihan aparatur pemerintah di berbagai negara serta menjadi pembelajaran dalam upaya mensinergikan program pelatihan ASN dengan pencapaian tujuan pembangunan maupun reformasi sektor publik.

Turut hadir pula delegasi LAN yang membidangi penjaminan mutu pelatihan ASN, menyampaikan paparan dalam Working Group I (25/7) mengenai pengembangan model penjaminan mutu dan akreditasi pelatihan kepemimpinan sebagai quality assurance model untuk meningkatkan mutu pelatihan. Pengembangan model ini juga merupakan komitmen LAN dalam meningkatkan pelaksanaan mandat untuk membina penyelenggaraan pelatihan ASN dan melaksanakan akreditasi. (humas)