KEMBANGKAN KAPASITAS APARATUR DAERAH, LAN INISIASI KERJA SAMA DENGAN CIVIL SERVICE COLLEGE (CSC) SINGAPORE DAN PEMERINTAH KOTA TANGERANG SELATAN

Dalam rangka mendukung pengembangan kapasitas aparatur daerah, Lembaga Administrasi Negara (LAN) melakukan pertemuan untuk menginisiasi kerja sama dengan CSC Singapore dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, bertempat di Kantor Walikota Tangerang Selatan, Jum’at (9/8). Rencana kerja sama yang akan dijalin difokuskan pada pengembangan kapasitas Aparatur Sipil Negara dalam melakukan inovasi, utamanya yang terkait langsung dengan sektor pelayanan publik.
Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administasi Negara LAN Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo S.H., MA. mengungkapkan bahwa LAN bersama dengan CSC Singapore selama 4 (empat) tahun telah banyak menyelenggarakan program–program terkait dengan pengembangan kapasitas aparatur di Indonesia. Seperti yang dilakukan pada tahun yang ini, LAN dan CSC telah mengirimkan JPT Pratama dari Kota dan Kabupaten mitra inovasi LAN ke Singapura dalam program Study Visit on Leaders in Public Administration and Integrated Governance, dan tahun ini pula LAN dan CSC memiliki program peningkatan kreatifitas dalam mendukung inovasi pada 3 (tiga) kota, di mana salah satunya adalah Kota Tangerang Selatan.
Terkait hal tersebut, Tina Ng selaku Direktur CSC Singapore mengatakan bahwa program ini didesain terdiri dari lima fase, yaitu fase pertama: Workshop Design Thinking selama 2 (dua) hari, untuk menemukan permasalahan dan kemudian mengembangkan ide–ide baru sebagai solusi alternatif; Fase Kedua yang merupakan coaching klinik online melalui Skype; Phase Ketiga adalah bagaimana implementasi dari desain thingking tersebut; Fase keempat yang akan bertempat di Singapura merupakan phase studi banding terhadap apa yang sudah diimplementasikan; Fase kelima adalah review dan cascading terhadap apa yang dilaksanakan tahapan–tahapan sebelumnya.
Pemerintah Kota Tangerang melalui Walikota Airin Rachmi Diany, S.H., M.H., M.Kn menyambut baik dan memberikan respon positif atas rencana kerja sama ini, dan akan segera menindaklanjutinya agar dapat diimplementasikan dalam waktu dekat.
“Program ini kami sambut baik karena sesuai dengan motto yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan yaitu CMORE (See More), sebuah frase ungkapan yang mempresentasikan Visi Kota Tangerang Selatan untuk terus tumbuh dan mengayomi setiap masyarakat yang tinggal di dalam kotanya. Program ini nantinya juga harus dapat dikolaborasikan dengan Laboratorium Inovasi yang sebelumnya telah diinisiasi oleh LAN dan Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Bagian Organisasi dan Kinerja Aparatur”.

Last modified on Kamis, 15 Agustus 2019 15:44