Gunakan Metode Distance Learning, Kepala LAN Membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VI Kementerian Perhubungan

Jakarta - Mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) bukan penghalang untuk mewujudkan birokrasi di Indonesia menjadi profesional. Berbagai problematika yang muncul justru menjadi tantangan untuk diselesaikan agar birokrasi semakin matang.

Di tengah masa pandemi COVID-19, Lembaga Administrasi Negara (LAN) mengambil kebijakan untuk tetap menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan sebagai wujud tanggung jawab LAN dalam mengembangkan kompetensi manajerial para pemimpin birokrasi. Pandemi COVID-19 ini membuat LAN mengambil langkah cepat dengan menerapkan kelas pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi. Hal tersebut disampaikan Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VI Kementerian Perhubungan melalui fasilitas Zoom Meeting, Selasa (31/3).

"Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VI yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan ini menjadi Pelatihan Kemimpinan Nasional perdana yang menggunakan metode pembelajaran jarak jauh (distance learning). Ini merupakan tanggung jawab LAN dalam merespon berbagai tuntutan masyarakat," jelasnya.

Kepala LAN mengatakan, tantangan yang dihadapi birokrasi di Indonesia saat ini tidaklah mudah. Bahkan, dalam RPJM sudah disebutkan bahwa birokrasi Indonesia harus segera bertransformasi menjadi birokrasi berkelas dunia agar mampu meningkatkan posisi daya saing negara di semua level. Menurutnya, ini menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama.

Sementara itu, Pelaksanan Harian Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan yang juga Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan, I Gede Pasek Suardika dalam sambutannya mengapresiasi kepercayaan yang diberikan LAN kepada Kementerian Perhubungan untuk menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II.

"Saya mengapresiasi langkah cepat LAN dalam merespon situasi yang ada. Bahkan dalam tempo yang cepat, LAN juga mengeluarkan Surat Edaran tentang Panduan Teknis Penyelenggaraan Pelatihan dalam Masa Pandemi COVID-19 dan terus berkoordinasi dengan kami melalui berbagai platform aplikasi yang ada," pungkasnya.

Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VI Kementerian Perhubungan ini diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari Kementerian Perhubungan, LAN, Kepolisian Republik Indonesia, Kementerian PPN/Bappenas, dan Pemerintah Kabupaten.
Hadir dalam zoom meeting tersebut, Sekretaris Utama LAN Dra. Reni Suzana, MPPM, dan juga Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN, Dr. Basseng, M.Ed.