Dari Rumah, Kepala LAN Menyapa Pegawai

Di tengan meluasnya pandemi Covid-19 yang memaksa kita untuk bekerja dari rumah (work from home),  Pimpinan Lembaga Administrasi Negara (LAN) terus memantau kondisi dan kinerja pegawainya melalui program “Kepala LAN Menyapa Pegawai”. 

Dalam kegiatan ini, Kepala LAN didampingi Jajaran Pimpinan Tinggi Madya secara bergiliran menyapa pegawai melalui fasilitas video conference. Setiap pegawai dari seluruh unit kerja berkesempatan untuk berinteraksi secara langsung, berdialog, dan berbagi pengalaman selama bekerja dari rumah. 

Pimpinan LAN juga mengapresiasi kinerja para pegawai yang meskipun harus bekerja dari rumah, namun seluruh tugas dan fungsi LAN tetap berjalan secara optimal, bahkan cenderung lebih banyak dan lebih cepat daripada kondisi normal. 

“Alhamdulilah semua bisa berkinerja seperti biasanya meskipun dari rumah, dan yang terpenting semua dalam keadaan sehat” ujar Kepala LAN.

 Lebih lanjut Kepala LAN menyampaikan bahwa dalam situasi saat ini, LAN sebagai instansi pembina pelatihan aparatur sipil negara (ASN) dan penyelenggara pendidikan tinggi terapan, dengan cepat melakukan adjustment kebijakan, diantaranya dengan mengubah metode pelatihan dan pendidikan, melalui pembelajaran jarak jauh (distance learning) dengan tidak mengurangi target dan kualitas pembelajaran. Diyakini bahwa pembelajaran jarak jauh ini selain membantu memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, juga menjadi terobosan baru dalam upaya meningkatkan kapasitas ASN di Indonesia.

 Dalam lingkup inovasi, LAN juga sedang mengkaji alternatif pelaksanaan Laboratorium Inovasi (Labinov) melalui e-Learning dalam bentuk tutorial/modul-modul serta coaching clinic melalui video conference. Sementara dalam lingkup kajian, LAN terus berkinerja dengan melakukan kajian-kajian yang telah direncanakan dan diskusi-diskusi yang juga dilakukan secara daring.

 Sementara dalam bidang kesekretariatan, meskipun sedang dihadapkan dengan sejumlah keterbatasan namun sebagai supporting unit, sekretariat tetap berkarya dan berkinerja untuk memfasilitasi kelancaraan pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi. Salah satunya dengan menerbitkan kebijakan strategis terkait pengelolaan keuangan di masa pandemi Covid-19 ini. Kebijakan ini urgent dan sangat dibutuhkan oleh unit kerja, sebagai acuan administrasi keuangan.

 Kepala LAN juga menyatakan bahwa saat ini LAN melakukan terobosan dalam memantau kondisi, lokasi dan kinerja pegawainya melalui aplikasi presensi berbasis geographic information system (GIS) yang integrasikan dalam mobile intranet LAN. Melalui aplikasi ini, selain melihat lokasi keberadaan pegawai secara real time dan real location, pimpinan juga dapat memantau kondisi kesehatan dan kinerja harian setiap pegawai. (humas)