Cari Solusi Permasalahan Bangsa, LAN Bahas Research Design Kajian Administrasi Negara

Jakarta – Pelaksanaan kajian atau riset sejatinya harus disertai dengan perencanaan yang baik, agar hasil kajian dan riset tidak hanya berhenti menjadi sebuah karya akademis semata, tetapi juga menjadi sebuah solusi atas permasalahan bangsa. Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si. saat menjadi reviewer pada acara Research Design Forum yang dilakukan melalui fasilitas video conference, Kamis (23/4). “Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu upaya penjaminan mutu kegiatan kajian yang tengah dilakukan oleh para peneliti di bidang administrasi negara.” tambah Adi Suryanto.

 Dalam forum ini dilakukan presentasi isu-isu strategis yang menjadi fokus kajian LAN di tahun 2020, antara lain Kajian Reformulasi Dimensi Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI) dan Kajian Kebijakan Terintegrasi. Research Design Forum ini diharapkan menjadi saringan pertama agar kajian yang akan dilakukan LAN dapat memberikan sumbangsih bagi pemerintah untuk merumuskan kebijakan, terutama yang terkait administrasi negara.

 Kepala LAN juga berpesan, agar masukan yang diterima harus dicatat sebagai bahan pertimbangan guna menambah khasanah pengetahuan serta menggali lebih dalam mengenai permasalahan yang terjadi sehingga dapat menjadi kajian yang solutif bagi permasalahan bangsa," tutup Kepala LAN.

 Selain Kepala LAN, hadir juga sebagai reviewer Sekretaris Utama LAN Dra. Reni Suzana, M.P.P.M., Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH., MA, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN, Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., MA., Deputi Bidang Kebijakan dan Pengembangan Kompetansi ASN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA, serta Deputi Bidang Penyelenggraan dan Pengembangan Kompetensi Dr. Basseng, M.Ed.