Bersiap Menuju World Class Government, LAN Tempa Pemimpin Birokrasi Inovatif melalui Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I Angkatan XLIV

Jakarta - Pemerintah telah menyiapkan sejumlah strategi guna mewujudkan World Class Government atau Pemerintahan Berkelas Dunia pada tahun 2024. Kuncinya adalah harus membawa pemerintahan ke dalam smart government dan mengembangkan kompetensi sumber daya manusianya. Salah satunya adalah dengan mencetak pemimpin perubahan yang diharapkan mampu menggerakkan birokrasi ke arah yang lebih baik lagi. Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si. saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLIV di Gedung A Lantai 2 Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN, Jl Veteran No 10, Jakarta Pusat, Kamis (27/2).

“PKN Tingkat I ini didesain lebih cair, bisa dianggap sebagai refreshment bagi para peserta, untuk belajar, berdiskusi bersama-sama dalam komunitas. Dalam pelatihan ini, setiap peserta adalah sumber belajar bagi peserta lainnya. Karena peserta berasal dari beragam latar belakang instansi, kompleksitas permasalahan dan sudut pandang pemecahan permasalahan, maka melalui pelatihan ini nantinya diharapkan dapat menciptakan suatu bentuk kolaborasi yang efektif." tambah Adi Suryanto.

Lebih lanjut, di depan peserta PKN Tingkat I Angkatan XLIV, Kepala LAN memberikan arahan agar peserta selalu berpikir kreatif, berpikir out of the box, menginisiasi gagasan besar dan dapat membuat inovasi. Peserta PKN Tingkat I diharapkan tidak hanya menguasai konsep dan teori, namun harus dapat menjadi pemimpin perubahan yang bisa membawa perubahan di organisasinya.

Menurut Kepala LAN, PKN Tingkat I Angkatan XLIV ini akan memiliki fokus pembelajaran yang tematik, yakni "Mengembangkan Model Reformasi Birokrasi untuk Meningkatkan Daya Saing". Diharapkan PKN Tingkat I ini juga dapat menjadi forum pembelajaran bersama bagi para pemimpin untuk menciptakan perubahan-perubahan yang terstruktur untuk mencapai Indonesia yang berdaya saing.

PKN Tingkat I Angkatan XLIV ini diikuti oleh 40 peserta dimana sebanyak 18 orang berasal dari Kementerian dan LPNK, 5 orang dari Kejaksaan Agung, 14 orang dari Kepolisian Republik Indonesia, 2 orang dari Lembaga Negara dan 1 orang dari Pemerintah Daerah.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM, Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara LAN, Dr Muhammad Taufiq, DEA, Sekretaris Utama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ernadhi Sudarmanto, Ak., M.M., M.Ak, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan LAN, widyaiswara, dan perwakilan instansi pengirim peserta. (humas).