Bangun Kolaborasi ASN Muda, LAN Menyelenggarakan Latsar CPNS Tahun 2020 melalui Distance Learning

Jakarta – Di tengah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam penanganan Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta, Lembaga Administrasi Negara (LAN) tetap menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II dan III melalui model Distance Learning (pembelajaran jarak jauh) dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hal itu dilakukan karena LAN tetap berusaha adaptif dalam menjalankan tugasnya untuk mengembangkan kompetensi ASN Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si saat membuka Latsar CPNS Golongan II dan III Gelombang I Tahun 2020 melalui fasilitas video conference yang diikuti oleh 120 peserta, Senin (13/4).

“Pada situasi yang terjadi sekarang ini kita semua dihadapkan pada sejumlah keterbatasan, namun kita tidak boleh berhenti bekerja, berkarya, dan berkreasi. Untuk itu saya meminta agar semua pelatihan yang memungkinkan untuk diselenggarakan melalui distance learning dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana.” tambahnya.
Lebih lanjut Kepala LAN menjelaskan bahwa Latsar ini merupakan sebuah momentum yang penting, karena setiap peserta berasal dari instansi yang berbeda. Sehingga semua peserta latsar dapat menjalin kolaborasi, membangun semangat kebersamaan, sehingga tidak boleh ada lagi yang namanya ego sektoral, silo mentality, dan merasa lebih dari yang lainnya. Kita bangun pemikiran bersama bahwa kita adalah ASN Indonesia yang bekerja untuk satu pemerintah.

“Kita harapkan birokrasi negara kita ke depan akan semakin lebih baik lagi dengan kehadiran ASN muda, kawan-kawan milenial ini dengan membawa perubahan dan percepatan. Namun perlu diingat dan diinternalisasikan bahwa seorang ASN harus memiliki karakter sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat/pemersatu bangsa”, ungkapnya.
Kepala LAN juga menyatakan hadirnya lapisan baru generasi ASN saat ini akan mempercepat apa yang diinginkan oleh pemerintah yaitu membangun birokrasi berkelas dunia pada tahun 2024 sebagai salah satu tujuan dari reformasi birokrasi.

“Saya berharap pada kesempatan ini para peserta Latsar CPNS dapat saling belajar, bertukar pikiran dan pengalaman sehingga nantinya kita dapat berfikir jangka pendek, menengah, dan panjang untuk membangun birokrasi berkelas dunia. Saya berharap semua sehat dan dapat melaksanakan pembelajaran ini dengan bahagia ”, tutup Kepala LAN.

Latsar CPNS Golongan II dan III Gelombang I Angkatan I s.d. III Tahun 2020 ini diikuti oleh 120 peserta yang berasal dari 5 instansi, yaitu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Arsip Nasional Republik Indonesia, Lembaga Administrasi Negara, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Diponegoro, dan Universitas Negeri Malang).

Turut menyaksikan acara tersebut, Deputi Bidang Penyelenggaran Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed., Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara LAN, Muhammad Taufiq, DEA., Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara, LAN Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A., JPT Pratama di lingkungan LAN, Para Pejabat Pembina Kepegawaian instansi pengirim peserta, dan Widyaiswara LAN.