Photo Galleries

Photo Galleries (1)

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si. didampingi Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, bertempat di Crowne Plaza Jakarta, Kamis (12/3). Pada Rapat Koordinasi tersebut, dibahas mengenai isu-isu strategis seperti perkembangan penyederhanaan birokrasi, akselerasi Reformasi Birokrasi (RB) instansi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Selain itu, dibahas pula program yang akan memberikan kesempatan beasiswa bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat aktif dalam pelaksanaan RB untuk melanjutkan pendidikannya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), Tjahjo Kumolo, SH., Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Dr. Ir. Bima Aria Wibisana, MSIS, sejumlah akademisi dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Hasanuddin, serta jajaran Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian PANRB.

Lembaga Administrasi Negara (LAN) melalui Bagian Arsip dan Dokumentasi menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Kearsipan di Ruang kelas A dan B , Kantor LAN, Jl Veteran No 10, Jakarta (4/3).

Kepala Biro Hukum dan Humas LAN, Tri Atmojo Sejati, ST., SH., M.Si, yang membuka acara tersebut menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen bersama akan pentingnya arsip dan tertib arsip.

Kegiatan Bimtek ini, menghadirkan narasumber Ibu Siti Nuraini, Kepala Bidang Akreditasi Pusat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Ibu Ardiani Arsiparis Ahli Muda, ANRI yang membahas mengenai kebijakan penilaian dan pengawasan arsip serta teknis audit kearsipan.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pula penyerahan berita acara pemindahan arsip inaktif kepada 6 unit pengolah arsip yaitu, Pusat Kajian Kebijakan Administrasi Negara, Pusat Inovasi Administrasi Negara, Pusat Pembinaan Pengembangan Kompetensi ASN, Inspektorat, Bagian Umum, dan Bagian Perencanaan, Evaluasi Kinerja, dan Reformasi Birokrasi Internal.

"Saat ini, LAN sudah menerapkan teknologi informasi kearsipan dan persuratan berbasis aplikasi, yaitu “Aplikasi Tata Naskah Dinas Lembaga Administrasi Negara (ANDALAN)” lebih dikenal dengan sebutan e_disposisi. Namun, ANDALAN belum sepenuhnya memenuhi persyaratan pengelolaan arsip dinamis, sehingga perlu mengadopsi fungsi-fungsi yang dimiliki oleh Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Oleh sebab itu, perlu adanya pengintegrasian dengan melengkapi fungsi-fungsi yang dimiliki SIKD ke dalam ANDALAN. Melalui penerapan e-Government ini diharapkan mampu mendukung bisnis proses pengelolaan pemerintahan menjadi lebih baik lagi." Hal tersebut disampaikan Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dra. Reni Suzana, MPPM., pada Diskusi Terbatas tentang Implementasi dan Pemanfaatan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) bertempat di Ruang Kelas A-B, Gedung A, Kantor LAN, Jl Veteran No 10, Jakarta Pusat, Selasa (3/3).

Hadir sebagai narasumber Kasubdit Kearsipan I Pusat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs.Yayan Dariyan, M.AP., yang memaparkan materi terkait implementasi dan pemanfaatan SIKD bagi para Pejabat Struktural, Sekretaris, Pencatat Surat dan Pengelola Surat. Acara ini diikuti oleh 53 orang peserta yang terdiri dari Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional Arsiparis di lingkungan LAN.

Kasih sayang dan perhatian tidak hanya dibutuhkan untuk anak kecil, orang tua yang sudah lansia juga membutuhkannya. Sebagai bentuk kepedulian sosial tersebut, Persekutuan Oikumene Lembaga Administrasi Negara melakukan Bakti Sosial ke Panti Jompo Karya Kasih, Kwitang, Jakarta, Jumat (28/2).

Keceriaan tersirat pada oma-oma yang mengikuti acara bakti sosial tersebut. Tidak hanya itu, mereka pun hanyut dalam berbagai permainan unik yang telah disiapkan panitia. Kegiatan ini diakhiri dengan membagikan santunan serta makan siang bersama.

#lanuntuknegeri

Kepemimpinan merupakan salah satu karakter utama yg harus dimiliki oleh ASN Indonesia, terutama dalam menghadapi perubahan di Era Revolusi Industri 4.0 ini. Tuntutan lingkungan strategis semakin besar, sehingga dibutuhkan peningkatan pelayanan publik yang juga semakin besar. Hal ini berarti harus ada perubahan pelayanan yang lebih efektif, efisien dan semakin kekinian. Pemenuhan kebutuhan juga tidak hanya berasal dari Pemerintah tetapi juga stakeholders lainnya (masyarakat dan swasta), sehingga pengembangan kompetensi ASN perlu ditingkatkan agar handal dan terampil serta adaptif dan responsif terhadap masalah yg dihadapinya.” Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si pada Ceramah Umum mengenai Strategi Kebijakan Pengembangan SDM dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I-IV Provinsi Banten, di Aula BPSDMD Prov. Banten, Jumat (28/2).

Lembaga Administrasi Negara (LAN) menerima penghargaan peringkat III "Sangat Memuaskan" kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2019. Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM mewakili LAN menerima penghargaan tersebut (26/2).

Pemberian penghargaan disampaikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Kearsipan yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bertempat di The Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah, dari tanggal 25 sd 28 Februari 2020.

Acara Rakornas ini dibuka oleh Plt. Kepala ANRI, Dr. M.Taufik, M.Si, dan dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Walikota Solo, F.X. Rudi Hadyatmo para pejabat pimpinan tinggi dari kementerian maupun LPNK, serta para pejabat dari instansi pusat maupun daerah.(humas).

"Tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah bagaimana nilai-nilai publik sebagai tujuan yang diperjuangkan dapat tercapai. Tantangan itu harus dijawab pemerintah dengan mewujudkan pelayanan masyarakat yang berkualitas."

Hal tersebut diungkapkan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si saat memberikan sambutan dalam acara Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan II di Gedung Negara Grahadi, Kantor Gubernur Jawa Timur, Selasa (25/2).

Pelaksanaan kegiatan yang merupakan kerjasama antara LAN dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. dan diikuti oleh 60 orang peserta yang berasal Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Dalam acara tersebut dilakukan pula pemberian sumbangan kepada anak yatim piatu sebagai cerminan kepedulian aparatur pemerintah kepada masyarakat.

Lembaga Administrasi Negara (LAN) melakukan audiensi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) di Ruang Rapat BSM, Gedung Bappenas, Jl. Taman Suropati No 2, Menteng, Jakarta (21/2).

Audiensi delegasi LAN dalam rangka mempelajari implementasi Integrated Digital Working (IDW) dan Smart Office ini diterima langsung oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas, Randy R. Wihatnolo.

Dalam paparannya Randy menyatakan IDW ini merupakan sebuah inovasi manajemen aparatur sipil negara (ASN) yang merupakan percontohan pelaksanaan Flexi Work dimana aparatur dapat bekerja tanpa harus ‘ngantor’ secara konvensional. Presiden Joko Widodo sendiri telah melihat langsung bagaimana sistem IDW diimplementasikan pada 16 Januari 2020.

“Pola Flexi Work ini perlahan akan mengubah pola lama ke pola yang baru, sehingga diharapkan produktivitas kerja dapat naik. Harapan Presiden Jokowi nantinya dapat meningkatkan motivasi, produktivitas dan kinerja ASN. Model ini akan diterapkan di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru nantinya, tentunya dengan sistem yang terus disempurnakan” ungkap Randy.

Pada kesempatan tersebut dari delegasi LAN hadir Kepala Bagian Administrasi Pusat Kajian Manajemen ASN Anastasia Eny Retnoastuti, S.Pd., M.A., Kepala Bagian Administrasi Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi ASN, Rusma Dwiyana, SH., M.Hum, Kepala Bidang Sistem Teknologi Informasi Pusat Data dan Informasi, Anak Agung Sri Astiti, S.Kom., M.Sc, dan juga pejabat fungsional di lingkungan LAN. (humas)

Ketua Tim Reformasi Birokrasi Lembaga Administrasi Negara (RB LAN) Dr. Muhammad Taufiq, DEA memimpin jalannya rapat konsolidasi Tim RB, untuk menindaklanjuti rencana pelaksanaan RB LAN tahun 2020 di Ruang Administrator A, Gedung B, Kantor LAN, Jalan Veteran No 10, Jakarta, Kamis (20/2).

Pada kesempatan tersebut Kepala Biro SDM dan Umum, M. Yusuf Gunawan Idris, S.IP., ME memaparkan pelaksanaan dan arah kebijakan LAN Corporate University dalam menunjang RB LAN. Selain itu, dibahas usulan komponen penilaian RB dan program RB yang dikoordinir LAN sebagai respon atas rancangan Roadmap RB Nasional 2020-2024.

Hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM dan Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Administrasi Negara LAN, Dr. Tri Widodo W.U, SH, MA.

Jakarta- Lembaga Administrasi Negara (LAN) melalui Kedeputian Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara menerima kunjungan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) di Ruang Rapat Administrator Lantai 5, Gedung B, LAN Veteran Jakarta Pusat, (18/2). Kunjungan dalam rangka inisiasi kerjasama itu diterima oleh Kepala Pusat Pembinaan Analis Kebijakan LAN, Dra. Elly Fatimah, M.Si. Sedangkan dari pihak FISIP UNS di pimpin oleh Dekan FISIP UNS, Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Pembinaan Analis Kebijakan LAN menyampaikan apresiasi atas kunjungan Tim FISIP UNS. Elly Fatimah memberikan gambaran singkat beberapa alternatif kerjasama yang nantinya dapat dijalin, seperti penguatan kualitas analisis kebijakan dan laboratorium inovasi. “Kami juga sudah mengembangkan modul Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dapat dibahas dan kembangkan lebih mendalam lagi nantinya terkait model penyusunan desain, analisis kebijakan dan advokasi kebijakan", tambah Elly.

Sementara itu Dekan FISIP UNS menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan mutu lulusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara terutama dalam bidang analisis persoalan kebijakan maka diperlukan kerjasama dengan LAN. "Kami telah mengajarkan Mata Kuliah Analisis Kebijakan Publik, seperti: Kebijakan Publik, Formulasi Kebijakan Publik, Implementasi Kebijakan Publik, dan Evaluasi Kebijakan Publik. Tetapi secara praktis operasional, kami tidak memiliki kemampuan untuk itu, sehingga kami berinisiasi untuk berkerjasama dengan LAN supaya nanti lulusan kami mendapatkan pengakuan sebagai Analis Kebijakan", ungkap Ismi.

Selain itu, Ismi juga menyampaikan ketertarikannya terhadap laboratorium inovasi LAN. "Kami terdorong untuk membuat laboratorium sosial yang terstandardisasi. Kami ingin belajar banyak bagaimana laboratorium itu bekerja, fasilitas seperti apa yang digunakan, dan apa yang perlu kami persiapkan untuk bisa sampai di sana", tutup Ismi.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara, Dra. Isti Heriani, MBA, Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara UNS, Rino Ardhian Nugroho, S.Sos, M.T.I., Ph.D., dan Tim Laboratory Public and Governance Reform (LPGR) UNS.