Photo Galleries

Photo Galleries (443)

Lembaga Administrasi Negara (LAN) menerima penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai satu-satunya Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang telah menerapkan Sistem Merit dalam Manajemen ASN dengan kategori Sangat Baik. Penghargaan dimaksud diserahkan oleh Komisioner KASN, Tasdik Kinanto, SH, M.Hum., dan diterima secara langsung oleh Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si di Hotel Grand Kemang Jakarta, Jum'at (27/9). Penghargaan ini merupakan bukti bahwa LAN telah menerapkan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar, dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan.
Penilaian sistem merit ini dilakukan terhadap aspek-aspek manajemen ASN, meliputi perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.
Dengan diperolehnya kategori "Sangat Baik" dalam penerapan Sistem Merit Manajemen ASN, maka LAN menjadi institusi yang dapat mengisi JPT melalui talent pool.

LAN Bangun Birokrasi Agile untuk Indonesia yang Berdaya Saing

Jakarta- Salah satu tonggak proses reformasi birokrasi di Indonesia adalah diterbitkannya UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yang telah meletakkan landasan transformasi pengelolaan ASN dengan tujuan untuk mewujudkan ASN yang berintegritas, profesional, netral dan berkinerja tinggi melalui penerapan sistem merit dan pendekatan human capital management. “Implementasi UU ASN diharapkan dapat mewujudkan ASN sebagai penggerak utama reformasi birokrasi, mendorong terwujudnya pelayanan prima terhadap masyarakat dan dunia usaha, meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, meningkatkan daya saing Indonesia di tingkat global, dan turut mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.” Hal tersebut disampaikan Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si saat memberikan sambutan pada Seminar Nasional “Membangun Birokrasi Agile Berbasis Nilai-Nilai Pancasila untuk Indonesia yang Berdaya Saing” di Aula Prof. Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN Veteran, Jakarta, Senin (5/8)

Di hadapan 6.198 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengikuti Presidential Lecture 2019 di Istora Senayan Jakarta (24/7), Wakil Presiden Republik Indonesia Wapres Jusuf Kalla memberikan arahan bahwa ASN haruslah inovatif, melayani dan bekerja keras. “Negara Indonesia yang selalu kita banggakan, yang kaya akan sumber daya alam akan habis pada waktunya. Namun demikian, ada hal yang tak akan habis, yaitu kemampuan kita untuk berkreasi dan berinovasi. Tidak ada negara yang berhasil tanpa bekerja keras.” Dalam sambutannya, Wapres juga mengajak seluruh CPNS untuk memberikan pelayanan yang terbaik sesuai bidangnya masing-masing.

"Kebijakan Presiden Joko Widodo yang telah menetapkan fokus pembangunan pada pembangunan SDM Unggul agar Indonesia, merupakan pilihan yang tepat. Bagaimanapun kemajuan sebuah bangsa, negara, dan birokrasi bukan hanya tergantung pada kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan saja, namun juga sangat ditentukan oleh sumber daya manusianya. Oleh sebab itu, kawan-kawan sekalian yang sebentar lagi akan dilantik menjadi PNS diharapkan dapat memberikan warna perubahan ke arah yang lebih baik." Harapan tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si pada acara Penutupan Latsar CPNS Golongan III Gelombang II Tahun 2019 di Graha Makarti Bhakti Nagari, Pejompongan, Jakarta, Rabu (18/9). Seluruh peserta pelatihan yang berasal dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB), dinyatakan lulus dengan hasil 9 peserta diantaranya mendapat predikat Sangat Memuaskan, 108 peserta predikat Memuaskan dan 2 peserta Cukup Memuaskan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala LAN mengumumkan 3 peserta terbaik dari setiap angkatan, yaitu:
Angkatan 4
1. Yeni Agustin, S,Kep., NS. (KPPA)
2. Dewa Ketut Gde Iswara Pranidhana, S.Kom., (KASN)
3. Diaz Ayu Hapsari Putri, S.IP., (KEMENPAN RB)

Angkatan 5
1. Esti Rahayu, S.I.P (KASN)
2. Rin Luan Hawari, S.Si., (KEMENPAN RB)
3. Tanaya Pinasthika, S.T., (KEMENPAN RB)

Angkatan 6
1. Hiasinta Florentina br. Sembiring, S.E (KEMENPAN RB)
2. Abdiel Nugroho, S.Sos., (BPIP)
3. Oki Priyadi, S.Kom.,(KEMENPAN RB)

Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si menghadiri Diskusi dan Pembahasan tentang ASN dengan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (WANTIMPRES), Suharso Monoarfa di Ruang Rapat Besar Lantai II, Kantor Watimpres, Jakarta, Rabu (23/1).

Kepala Biro Umum, M. Yusuf Gunawan Idris, S.Ip, ME, mewakili Deputi Bidang Diklat memberikan sambutan dalam Upacara Pelepasan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XII di Graha Makarti Bhakti Nagari, Pejompongan, Jumat (7/12).

Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si memberi sambutan dalam pengukuhan Widyaiswara Ahli Utama yang diselenggarakan di Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, Jl. Veteran Jakarta, Selasa (18/12).

Lembaga Administrasi Negara menerima Kunjungan Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang di ruang kelas c, kantor LAN Pusat, Jakarta, Selasa (18/12).

Dalam rangka meningkatkan pemahaman kode etik ASN, Kementerian PAN & RB bekerjasama dengan LAN dan KASN meluncurkan E-learning Kode Etik Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Kementerian PAN dan RB, Jakarta (21/12).