WI Motor Perbaikan Kualitas Pelayanan Publik Featured

Jakarta - Pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) salah satunya perlu didukung oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) yang kompetitif serta Widyaiswara yang mumpuni. Hal itu dibutuhkan karena tuntutan lingkungan strategis, seperti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, globalisasi dan peningkatan daya saing bangsa, serta harapan masyarakat terhadap kinerja pemerintah pusat dan daerah yang terus berkembang.

Hal ini diungkapkan Kepala Lembaga Administrasi Negara, Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam Upacara Pengukuhan Widyaiswara Ahli Utama, di Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, Gedung A, Kantor LAN Pusat, Jakarta, Rabu (27/9)

Menurut Kepala LAN, pengembangan kompetensi ASN saat ini dan kedepan diarahkan untuk membentuk para pemimpin perubahan dalam rangka mendukung reformasi birokrasi guna mewujudkan good and clean governance

“Kami menyadari bahwa peningkatan daya saing negara tidak terlepas dari proses pelayanan publik yang cepat dan efisien. Untuk mencapainya diperlukan SDM aparatur yang berkualitas. Disinilah peran strategis Widyaiswara dalam upaya percepatan kualitas pelayanan publik,” jelasnya.

Kepala LAN mengatakan, Widyaiswara dapat memainkan peran penting dengan tidak sekedar melakukan transfer pengetahuan saja. Lebih jauh dari itu, Widyaiswara harus mampu menjadi kreator, motivator, serta provokator dalam terciptanya inovasi di sektor publik.

“Harapannya adalah akan semakin banyak inovasi sektor publik yang berdampak pada kualitas pelayanan publik yang kian baik,” jelasnya.

Kepala LAN juga mengingatkan agar Widyaiswara tidak berpuas diri.Namun harus terus belajar dan mengembangkan kreatifitas, inovasi dan pengetahuan.

"Sehingga proses pembelajaran dalam pengembangan kompetensi ASN semakin lebih baik," pungkasnya. (choky)

 

 

Last modified on Wednesday, 04 October 2017 02:02