LAN Sosialisasikan Aplikasi SIPKA Bagi Lembaga Diklat Featured

Jakarta – Pusat Pengembangan Program dan Pembinaan Diklat LAN menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Pengembangan Kompetensi Aparatur (SIPKA) dengan mengundang seluruh penanggung jawab (Person in Charge) lembaga diklat di tingkat Kementerian/Lembaga/Pemda, di Auditorium Makarti Bhakti Nagari LAN RI pada Selasa (8/5). Sistem Informasi Pengembangan Kompetensi Aparatur (SIPKA) ini menggantikan Sistem Informasi Diklat Aparatur (SIDA) yang sebelumnya digunakan.

Kepala Bidang Akreditasi dan SIDA Pusat Pengembangan Program dan Pembinaan Diklat LAN Rudi Masthofani mengatakan, sosialisasi atas sistem yang baru kepada seluruh PiC lembaga Diklat ini sangat penting karena berkaitan dengan hal yang sifatnya krusial.

“Keberadaan PiC lembaga diklat sangat penting, khususnya untuk akreditasi. Beberapa lembaga diklat tertunda akreditasinya karena PIC-nya kurang memperhatikan persyaratan yang ada,” jelasnya.

Menurut dia, Sistem Informasi Pengembangan Kompetensi Aparatur (SIPKA) ini juga mengakomodasi proses pengembangan kompetensi pegawai. Karena data pengembangan kompetensi pegawai akan terintegrasi secara nasional dan dimonitor.

“Informasi pengembangan kompetensi sudah harus masuk di 2019. Sehingga secara nasional akan terekapitulasi data pengembangan kompetensi selama 5 tahun dan setiap tahunnya,” kata Dia

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Kasubag SIDA, Ir. Ari Noviano memaparkan beberapa pengembangan program yang saat ini dimiliki SIPKA. Diantaranya, sistem yang sudah terhubung dengan BKN, pengembangan pelayanan informasi, interaksi dan transaksi, sistem keamanan yang lebih baik, tersedianya layanan e-learning serta pengembangan di masa yang akan datang terkait ASN Corporate University sebagai program prioritas nasional. (irena/budiprayitno) 

Last modified on Friday, 11 May 2018 09:20