Pemkab Parigi Moutong Jalin Kerjasama dengan LAN Featured

Sulawesi Tengah – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) peningkatan kapasitas administrasi pemerintahan dengan menggandeng Lembaga Administrasi Negara (LAN). LAN nantinya akan memberikan dukungan pengembangan administrasi negara yang meliputi asistensi dan advokasi dalam pengembangan kapasitas ASN, kajian kebijakan publik, pengembangan inovasi administrasi negara, dan pengembangan ilmu administrasi negara.

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam sambutannya sangat mengapresiasi langkah strategis dan sinergis yang dilakukan Kab. Parigi Moutong. Menurut dia, perlu segera ada tindak lanjut dalam bentuk kegiatan nyata setelah dilakukannya penandatanganan piagam kerjasama.

“LAN akan segera menindaklanjuti dengan mengakselerasi Pengembangan Inovasi Administrasi Negara, yang akan dimulai pada beberapa waktu ke depan serta program-program lainnya,” jelasnya saat memberikan sambutan di hadapan Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolutu, jajaran DPRD, serta Kepala OPD di lingkungan Kab. Parigi Moutong, Jumat (3/11).

Menurut Kepala LAN, penguatan kapasitas pemerintah daerah saat ini sangat penting. Terlebih jika memperhatikan semakin maraknya praktik-praktik inovasi di berbagai daerah, menurut dia, hal itu menjadi momentum bagi kabupaten Parigi Moutong untuk mendorong tumbuhnya inovasi di lingkungan pemerintahannya.

“ASN Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong harus didorong untuk meninggalkan cara kerja Business as Usual atau yang biasa-biasa saja. Seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara di setiap SKPD di Kabupaten Parigi Moutong perlu melakukan revolusi mental, yaitu mengubah cara kerjanya menjadi cara kerja yang lebih inovatif, cara kerja baru, dan hasil kerja baru, yang dampak dan manfaatnya jauh lebih besar dan jauh lebih cepat dapat dirasakan oleh masyarakat, dibandingkan dengan cara kerja dan hasil kerja yang lama,” jelasnya.

Kepala LAN mengatakan, melalui program Akselerasi Pengembangan Inovasi ini, Lembaga Administrasi Negara berupaya membantu OPD kabupaten Parigi Moutong untuk menciptakan gagasan inovasi dalam praktik-praktik pemerintahannya. Melalui program ini, diharapkan dapat memberikan nilai inovatif dan solutif kepada program kerja Kabupaten Parigi Moutong dan meningkatkan kinerja aparatur sipilnya.

“Sehingga pada akhirnya dapat membuahkan kepuasan masyarakat sebagai stakeholder utama dalam pelayanan publik pemerintah,” pungkasnya. (budiprayitno)

 

 

 

 

 

Last modified on Monday, 06 November 2017 06:52