Pemimpin Harus Miliki Kemampuan Komunikasi yang Baik Featured

Jakarta - Alumni peserta latihan kepemimpinan harus memiliki kapasitas dan kompetensi yang memadai untuk mengelola perubahan di instansinya. Selain itu, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan komunikasi yang efektif untuk mengomunikasikan berbagai kebijakan di instansinya.

Hal itu disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si saat memberikan sambutan upacara pelepasan peserta penyetaraan alumni Reform Leader Academy dan Latihan Kepemimpinan Tk. II dan III Angkatan XVII, di Graha Makarti Bhakti Nagari, LAN Pejompongan, Jumat (30/11).

Kepala LAN Adi Suryanto mengatakan, seorang pemimpin juga dituntut untuk mampu meyakinkan berbagai pihak atas perubahan yang ia buat. Karena itu dibutuhkan pengalaman kepemimpinan (experience of leadership) yang kuat untuk melakukannya.

“Tidak hanya itu, seorang pemimpin perubahan juga harus memiliki strategi komunikasi yang efektif dalam rangka mendukung kebijakan yang akan dikeluarkannya,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Adi Suryanto, LAN merupakan kawah candradimuka bagi para pemimpin untuk menghasilkan perubahan di instansi masing-masing ke arah yang lebih baik.

“Sebagai indikasi keberhasilan dari sebuah pelatihan adalah kemampuan alumni peserta diklat untuk membawa instnsinya ke arah yang lebih baik dalam melaksanakan pelayanan publik yang berkualitas,” jelasnya. (choky/budiprayitno)

 

Last modified on Tuesday, 08 January 2019 22:29