Lemhanas Tanda Tangani MoU Kerjasama Dengan LAN Featured

Jakarta - Sinergi dan kerjasama antar instansi dalam hal ketahanan nasional sangat penting  sebagai upaya untuk memperkuat wawasan kebangsaan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam rangka mencapai tujuan nasional. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo pada acara penandatanganan nota kesepahaman antara Lemhanas dengan Lembaga Administrasi Negara RI, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) di Jakarta, Senin (23/4).

“Melalui kerjasama ini diharapkan terbentuk sinergi antara Lemhanas RI dengan LAN RI, Kadin Indonesia dan IPPAT dalam mewujudkan ketahanan nasional. Selain itu, kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat wawasan kebangsaan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia termasuk sumber daya manusia yang ada di LAN, Kadin Indonesia dan IPPAT sehingga dapat meningkatkan peran dalam pencapaian tujuan nasional,” jelasnya.

Dalam perjanjian kerjasama ini, terdapat beberapa hal yang menjadi ruang lingkup kerjasama, yaitu: peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan calon pimpinan nasional, pelatihan dan pengembangan kompetensi, pendidikan tinggi, pertukaran SDM ahli dan pemantapan nilai2 kebangsaan, serta tukar menukar informasi dan pengkajian dan dukungan teknologi dalam rangka pengukuran ketahanan nasional.

Kepala Lembaga Administrasi Negara Dr. Adi Suryanto, M.Si menyambut baik dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas penandatanganan nota kesepahaman tersebut. Dia berharap, kesepakatan ini terus berlanjut dan betul-betul diimplementasikan. Apalagi LAN dan Lemhanas memiliki fokus yang sama yaitu dalam bidang Pendidikan dan Pelatihan.

“Lemhanas dan LAN punya kesamaan roh, yaitu bidang Pendidikan dan Pelatihan. Kita berharap bisa terus membangun sinergi dan MoU tidak berhenti hanya sampai disini dan harus diimplementasikan. Saya harap teman-teman tim dapat merumuskan kegiatan konkrit untuk memaknai MoU pada pagi ini,” kata dia.

Gubernur Lemhanas menekankan peran kerjasama antara LAN dengan Lemhanas khususnya bidang kajian dan penelitain dan pengembangan SDM.

“Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini, Lemhanas RI dapat bekerjasama dan bersinergi dengan LAN RI dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing khususnya dalam bidang pengkajian dan penelitian dan pengembangan SDM yang kiranya dapat bermanfaat bagi kedua Lembaga khususnya dan Negara pada umunya,” jelasnya. (irene/choky/prayitnobudi)