Baznas Sosialisasikan Zakat & Infaq ke Pegawai LAN

Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan sosialisasi Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) kepada pegawai Lembaga Administrasi Negara (LAN RI) di Auditorium Makarti Bhakti Nagari LAN RI, Rabu (9/5). Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan penghimpunan dana zakat serta mengedukasi masyarakat.

Kepala Divisi Pengumpulan UPZ BAZNAS, Faisal Qosim mengatakan, potensi penghimpunan dan pengelolaan dana zakat saat ini dirasa masih belum optimal. Masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai hakikat penyaluran zakat serta pengelolaannya.

“Kami mengajak ingin mengoptimalkan layanan zakat pegawainya LAN supaya bermanfaat untuk penyaluran yang ada di LAN ini. Maka nanti tugas UPZ salah satunya membuat program perencanaan selama 1 tahun kedepan,” jelasnya.

Faizal mengatakan, BAZNAS sebagai koordinator Lembaga zakat juga memiliki diklat untuk memberikan sertifikasi Hak Amil atau profesi Amil Zakat, khususnya pelatihan untuk pengurus UPZ.

“Kami siap memfasilitasi apabila nanti akan dibuatkan manajemen dalam hal yang lebih konkrit di UPZ LAN. Bahkan yang pensiun pun nanti bisa jadi amil zakat,” kata dia

Terkait regulasi, Faisal memaparkan perlu adanya pembinaan pengurus UPZ agar Lembaga pengumpul zakat ini nantinya berjalan sesuai regulasi, manajemen yang jelas dan mengusung konsep-konsep Syariah, serta menjamin penyaluran zakat dapat bermanfaat di lingkungan LAN dan sekitarnya.

Kepala Biro Umum Sudardi berharap sosialisasi yang dilakukan oleh BAZNAS ini dapat memberikan pemahaman kepada para pegawai, khususnya yang ingin menyalurkan sebagian rezekinya kepada yang berhak. (irena/budiprayitno)